Don't Judge Anyone

Setiap manusia punya kelemahan dan kelebihan masing-masing. Jangan jadikan kelemahan seseorang itu menjadi sesuatu yang bisa kita "judge". Pada dasarnya semua orang juga pasti tau kalo orang dilahirkan dalam keadaan suci dan memiliki intelektualnya masing-masing. Disini gue hanya ingin bercerita tentang pengalaman gue sendiri. Gue paling gak suka sama yang namanya dianggap remeh dan orang yang gak bisa menghargai kinerja orang lain. Menurut gue orang yang kayak gitu adalah orang yang merasa dirinya "sok" pintar. Biasanya mereka lebih banyak bicara dibandingkan dengan melakukan sesuatu (atau bahkan ada yang melakukan keduanya tapi biasanya hanya ingin dilihat orang lain). Bahkan dalam suatu kelompok kecil (maksud gue kelompok tugas di kampus) gue dibilang "dia (pundra) kan belom ngerjain apa-apa". Gue disitu sempet merasa bete dan mau marah rasanya, tapi apa gunanya buat gue. Ini kan bulan puasa. Jujur aja sebenernya emang gue ga terlalu ngambil andil besar dalam kelompok tugas itu. Walaupun gue hanya kebagian membuat BAB III laporan tugas itu dan ngoreksi pre-test dan post-test tapi menurut gue seenggaknya orang harus bisa ngehargain apa yang gue lakukan. Tapi gue berkali-kali nawarin diri gue buat ngebantu apa yang bisa gue kerjain. Dan gak ada respon sama sekali. Pertama, gue bilang "mau gak gue yang itungin aja persentase pre-test sama post-testnya" dan jawaban dari temen gue cuma gini "emang lo ngerti pun?" terus dia langsung ambil alih semua kertas pre-test dan post-test. Mungkin lo beranggapan lo lebih pinter dari gue. Dan gue gak ada apa-apanya. Kedua, gue bilang lagi "gue aja yang buat kata-kata dari hasil persentase pre-test sama post-testnya, tapi apa jawaban dari temen gue "kan gausah dibuat kata-kata itu udah keliatan hasilnya" dan ternyata akhirnya dibuat juga tapi gue gak tau siapa yang buat. Dan waktu hari H laporan dikumpul lo baru nyari gue buat ngerjain apa yang belom, tadinya gue pengen protes tapi apa boleh buat itu sama aja ga menyelesaikan masalah, yang ada dia makin membela diri dan biasanya orang seperti itu gak mau sama namanya disalahin.

However, gue harus berfikir bahwa setiap orang itu pada dasarnya berbeda. Ada yang tipenya begini ada yang tipenya begitu. Mungkin dari sekarang gue akan belajar lebih cuek (cuek bukan berarti gue gak peduli kalo lagi kerjasama tapi bagaimana gue cuek dalam menyikapi setiap perbedaan sifat orang lain). Gue emang orangnya terlalu sensitif tapi gue orangnya juga gamau ribet. 

0 komentar:

Posting Komentar

 

Pundra Dara Template by Ipietoon Cute Blog Design